Jenis – Jenis Kabel Pada Jaringan Komputer

Kabel jaringan sangat berfungsi sebagai media penghubung antara node di dalam jaringan. Meskipun saat ini teknologi jaringan nirkabel (wireless) sedang trend, namun media kabel masih banyak digunakan karena dari sisi kualitas dan kecepatan transfer data lebih baik dari wireless. Berikut ini beberapa jenis kabel yang digunakan pada jaringan komputer.

Kabel Coaxial (Wired Network)
Kabel ini dilindungi oleh dua lapis isolasi, yaitu lapisan pertama adalah yang paling dekat dengan konduktor tembaga dan lapisan kedua untuk melindungi bagian inti yang berbeda di tengah. Lapisan isolasi pertama dilapisi oleh pengaruh elektromagnetik. Lebar kabel coaxial bermacam-macam, beberapa jenis kabel coaxial adalah yang lebih besar dari yang lain. Semakin besar kabel, maka semakin besar kapasitas datanya.

Gambar Kabel Coaxial (Wired Network)

Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)
Kabel jaringan dengan bahan tembaga yang tidak dilengkapi pelindung. UTP (Unshielded Twisted Pair ) merupakan jenis kabel yang paling banyak digunakan untuk membangun jaringan, khususnya jaringan lokal (LAN). Kabel UTP kategori 5e (Cat5e) adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk membangun LAN.

Gambar Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)

Kabel Shielded Twisted Pair (STP)
Kabel STP sama dengan kabel UTP (Shielded Twisted Pair), tapi memiliki pelindung (Shield) lapisan aluminium foil untuk mencegah gangguan interferensi saat melakukan transmisi data.


Gambar Kabel Shielded Twisted Pair (STP)

Kabel Serat Optik (Fiber Optic)
Menggunakan serat kaca sebagai inti untuk mengirimkan cahaya dari satu tempat ke tempat lainnya. Kabel ini lebih cepat dari kabel apapun yang masih menggunakan tembaga, serta harganya sangat mahal.


Gambar Kabel Serat Optik (Fiber Optic)

Untuk pemasangan jaringan kita membutuhkan kebel sebagai sarana telekomunikasi agar transmisi data dapat diproses lebih cepat , dengan menggunakan salah satu jenis kabel ini jaringan yang dihasilkan akan menjedi lebih cepat. Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).
0 Komentar untuk "Jenis – Jenis Kabel Pada Jaringan Komputer"

------------------------------------------------------------------------------------
ATURAN PEMBERIAN KOMENTAR DAN SARAN :
- SOPAN
- RELEVAN

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR SAUDARA
ATAS PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH!!!
-------------------------------------------------------------------------------------

Back To Top