Tips Mengoptimalkan Kinerja Leptop

Para pengguna leptop sebaiknya melakukan prosedur pemeliharaan leptop minimal sebulan sekali untuk menjamin kenerja leptop lebih optimal. Dengan adanya perawatan yang baik, leptop saudara akan menunjang produktivitas kerja dibandingkan harus menghabiskan waktu untuk menanggulangi masalah ketika leptop saudara mulai bermasalah.


Beberapa cara untuk mengoptimalkan kinerja leptop yaitu :
  • Hapus aplikasi atau file yang sudah tidak terpakai pada hard disk saudara. Luangkan waktu satu kali dalam seminggu untuk melakukannya. Pilihlah file yang akan disimpan di tempat lain sebagai arsip di kemudian hari dan mana file yang sudah tidak diperlukan. Dianjurkan menggunakan aplikasi-aplikasi disc clean up yang juga sudah tersedia di sistem operasi seperti Windows. Jika saudara suka mendownload  aplikasi secara rutin untuk mencoba hal-hal baru atau hanya untuk mengakses aplikasi baru  pada proyek tertentu, maka uninstalllah aplikasi-aplikasi tersebut jika sudah tidak diperlukan. Hard disk yang bersih akan berkerja lebih lancar. Jika tidak ada menu uninstall pada aplikasi tersebut maka saudara dapat mengaksesnya dari Start => Control Panel => Add Remove Program => Pilih Aplikasi yang akan di uninstall, lalu klik Remove.
  • Lakukan defragmentasi pada hard disk untuk menjamin laptop bekerja lebih efisien sebulan sekali. Dengan melakukan hal tersebut, aplikasi-aplikasi akan bekerja lebih cepat dan lebih baik karena proses ini merapikan ruang-ruang atau sektor-sektor pada hard disk saudara dengan cara menyusun kembali posisi file-file yang terpencar sehingga mempercepat sistem dalam mencari file. Kemudian gunakan scandisk untuk mengoreksi error yang ditemukan pada direktori dan File Allocation Table.
  • Jika saudara sudah rutin melakukan defragmentasi setiap bulan maka saudara akan menyadari software yang mengalami crash atau hang akan semakin berkurang dan aplikasi berkerja dengan baik. Beberapa Software untilitas seperti Norton memiliki fiktur untuk defragmentasi, namun jika saudara tidak menggunakan aplikasi untilitas tambahan, saudara dapat juga melakukan defragmentasi dari menu standar pada leptop saudara.  Caranya adalah klik kanan pada icon My Computer => klik kanan => pilih menu Manager. Ketika muncul Windows Computer Management maka pilih menu Disk Defragmenter => pilih hard disk yang akan di defragmentasi => klik tombol Defragment.
  • Usahakan pula membuat patisi hard disk lebih dari satu misalnya dua atau tiga partisi. Hal ini berguna jika suatu saat, sistem operasi yang dipakai mengalami kerusakan, maka dengan mudah tinggal memformat ulang sistem operasi tersebut tanpa menggangu keberadaan berbagai macam data yang dapat disimpan pada partisi lainnya, misalnya partisi D atau partisi E.
  • Debu-debu yang menumpuk pada kipas leptop juga dapat menghambat kerja leptop, karena leptop menjadi lebih mudah panas sehingga kinerja menurun. Oleh karena itu bersihkan leptop saudara secara rutin.
  • Lakukan back up secara menyeluruh setiap sebulan sekali. Ada beberapa jenis software dan hardware yang tersedia untuk melakukan langkah ini. Sebaiknya pilihlah metode yang mudah dan tidak merepotkan untuk dilakukan sebulan sekali.Meng update software, selain anti virus dan software Firewall yang harus di update, software pada leptop juga butuh perlakuan ini. Beberapa update aplikasi akan menjaga keamanan pada software tersebut yang juga akan membantu melindungi data saudara.
Tag : Komputer
0 Komentar untuk "Tips Mengoptimalkan Kinerja Leptop"

------------------------------------------------------------------------------------
ATURAN PEMBERIAN KOMENTAR DAN SARAN :
- SOPAN
- RELEVAN

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR SAUDARA
ATAS PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH!!!
-------------------------------------------------------------------------------------

Back To Top