Tips Mengatasi Leptop Yang Kemasukan Air

Sial sekali apabila leptop kita sampai kemasukan air. Namun terkadang hal tersebut tidak dapat dihindari jika leptop saudara terkena air karena ketumpahan air dari gelas yang tersenggol, botol air mineral bocor didalam tas yang juga menyimpan leptop, terkena air hujan maupun musibah besar seperti banjir. Banjir menumpahkan musibah yang banyak menelan kerugian, barang-barang yang terendam air sudah pasti menjadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Apalagi barang-barang elektronik jika terkena air ada resiko korsleting. Tipe leptop waterproof (tahan air) sekalipun, jika terendam air hingga berjam-jam kemungkinan akan tembus juga. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips cara mengatasi leptop apabila kemasukan air.


Berikut ini ada beberapa tips yang dapat saudara praktek-kan untuk mengatasi masalah-masalah yang mungkin timbul apabila leptop kemasukan air :
  • Matikan leptop saudara sesegera mungkin. Dikarnakan kombinasi antara cairan dan listrik akan membuat sebuah arus pendek pada bagian dalam leptop.
  • Keringkan bagian yang basah, sebisa mungkin serap semua cairan yang terlihat dengan menggunakan kain yang mengandung serap tinggi.
  • Cabut semua bagian luar dari leptop termasuk kabel power utama, kabel printer, kabel mouse, modem cards, dan batrai. Pastikan aliran listrik tidak ada lagi.
  • Keringkan lagi cairan dengan cara memiringkan dan membalikan leptop secara perlahan. Hati-hati jika melakukan hal ini, jangan sampai mengguncang leptop terlalu keras.
  • Pergunakan mesin pengering rambut, pilih tombol untuk mengeluarkan hawa dingin pada mesin dan coba keringkan bagian leptop yang tertumpah cairan. Pastikan tidak adalagi terlihat cairan yang menempel.
  • Biarkan leptop mengering dalam jangka waktu sekitar 24 jam, baru kemudian cobalah memasang kembali semua kabel-kabel dan nyalakan kembali. Banyak orang yang tidak sabar dan mencoba nyalakan kembali leptop mereka setelah proses pembersihan diatas dilakukan, tetapi hal ini justru akan membuat arus pendek pada leptop.
  • Laptop masih juga tidak dapat bekerja seperti semula? Bawalah ketempat service center resmi untuk memperbaikinya dengan segera mungkin.
Tag : Komputer
0 Komentar untuk "Tips Mengatasi Leptop Yang Kemasukan Air"

------------------------------------------------------------------------------------
ATURAN PEMBERIAN KOMENTAR DAN SARAN :
- SOPAN
- RELEVAN

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR SAUDARA
ATAS PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH!!!
-------------------------------------------------------------------------------------

Back To Top