Cara Buat Menu Utama Dengan Visual Studio 2010 Express

Menu utama sangat kita perlukan guna mempermudah memanggil File lain yang akan kita gunakan, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara membuat menu utama dengan menggunakan Visual Studio Express 2010 dengan sangat mudah dan praktis. Namun sebelum itu saudara harus mengistal aplikasi Visual Studio Express 2010 ini terlebih dahulu.

Adapun Langkah – Langkah pengerjaan sebagai berikut :

- Langkah Pertama : Buka Form baru pada Aplikasi Visual Studio untuk membuat Menu Utama.


- Langkah Kedua : Pada Properties pada bagian Text kita dapat merubah nama tersebut menjadi “Menu Utama”.


- Langkah Ketiga : Pilih “MenuStrip” pada Toolbox kemudian tarik kearea Form menu utama.


- Langkah Keempat : Kemudian kita dapat membuat nama-nama menu yang akan kita gunakan seperti gambar dibawah ini dengan cara saudara dapat meletakan kursor saudara pada area “MenuStrip” (Type Here).


- Langkah Kelima : Selanjutnya saudara dapat memasukan Coding Program dibawah ini untuk memanggil File yang akan kita gunakan dengan cara : klik 2 kali pada menu atau sub menu yang telah kita buat lalu masukan coding program dibawah ini.

Coding Program Untuk Memanggil File Lain :

Form1.Show()

Keterangan : Form1.Show() merupakan perintah untuk menampilkan Form yang ingin kita tampilkan contoh disini yaitu adalah Form1 dan saya letakan posisinya pada sub menu “Entri Data Kamar” dengan perintah Form1.show(). 

- Langkah Keenam : Setelah kita selesai membuat menu utama selanjutnya kita dapat merubah “Starup” aplikasi dengan cara : klik kanan pada Project => Pilih Properties => Pilih Form menu utama yang akan kita gunakan.



Untuk tampilan dan kreasi menu utama biyar keren dan tampak lebih menarik lagi saudara dapat merubah sesuai dengan keinginan saudara.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, mohon maaf atas segala kekurangan, terimakasih banyak atas kunjungan saduara semoga tutorial ini dapat membantu kita semua dalam pembelajaran Visual Studio 2010 salam kompak selalu untuk kita semua.

Selamat mencoba. Wasalammm...!!!
0 Komentar untuk "Cara Buat Menu Utama Dengan Visual Studio 2010 Express"

------------------------------------------------------------------------------------
ATURAN PEMBERIAN KOMENTAR DAN SARAN :
- SOPAN
- RELEVAN

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR SAUDARA
ATAS PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH!!!
-------------------------------------------------------------------------------------

Back To Top