Cara Mencari Nilai Maksimum dan Nilai Minimum Dengan Microsoft Excel 2007

Nilai maksimum dari sebuah kumpulan nilai atau data kita dapat mengambil suatu keputusan guna mencari data tertinggi atau data yang paing maksimal, Misalkan mungkin kita ingin mengetahui nilai siswa yang paling tinggi untuk masing-masing kategori dalam lomba antar kelas yang diadakan oleh pihak sekolah.


Untuk mencari nilai maksimum dari sebuah kumpulan data, Microsoft Excel mempunyai Fungsi yang disebut dengan Fungsi MAX Contoh dapat saudara lihat pada gambar dibawah ini.

Pada sel C16 kita dapat menuliskan Rumus seperti berikut : “=MAX(C4:C13)” atau saudara juga dapat melakukan cara klik “AutoSUM”pada bar  kemudian pilih MAX dan blok C4 sampai dengan C13 lalu enter.

Hasil yang ditampilkan nantinya adalah pada contoh gambar diatas maka Nilai Maksimum yang akan ditampilkan nantinya adalah 87 atas nama siswa Luli Kartika dan apabila terdapat jumlah nilai 87 sama makan dapat kita putuskan yang menjadi pemenang lomba ada dua siswa.

Sebaliknya pada nilai minimum Fungsi yang kita gunakan nantinya adalah Fungsi MIN dimana Fungsi MIN ini nantinya kita dapat mencari nilai siswa yang paling rendah dari siswa yang lain yang mengikuti lomba antar kelas. Adapun Rumus yang kita gunakan nantinya adalah sebagai berikut : “=MIN(C4:C13)” atau saudara juga dapat melakukan cara klik “AutoSUM” pada bar  kemudian pilih MIN dan blok C4 sampai dengan C13 lalu enter.


Hasil dari Nilai Minimum pada gambar diatas adalah 60 atas nama siswa Rahmad Ajli. Dari dua Fungsi ini kita dapat menilai mana siswa dengan nilai tertinggi dan mana siswa yang mendapatkan nilai terendah.

Demikianlah artikel mengenai Cara Mencari Nilai Maksimum dan Nilai Minimum Dengan Microsoft Excel 2007 ini semoga dapat membantu kita semua, pada kesempatan berikutnya saya akan berikan tutorial yang lebih menarik lagi tentunya. terimakasih banyak atas kunjungan saudara salam kompak selalu untuk kita semua selamat mencoba. Wasalammm...!!! 

0 Komentar untuk "Cara Mencari Nilai Maksimum dan Nilai Minimum Dengan Microsoft Excel 2007"

------------------------------------------------------------------------------------
ATURAN PEMBERIAN KOMENTAR DAN SARAN :
- SOPAN
- RELEVAN

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR SAUDARA
ATAS PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH!!!
-------------------------------------------------------------------------------------

Back To Top