Cara Koneksi Jaringan Ad Hoc Windows 7

Ad Hoc merupakan jaringan yang menghubungkan antar sesama komputer (Peer-to-Peer). Topologi jaringan ad Hoc ini yaitu “peer-to-peer” yang mana terdapat kedua komputer saling berkomunikasi langsung melalui perangkat adapter WLAN masing-masing tanpa harus terhubung ke access point.


Berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana membuat koneksi Ad Hoc pada Windows 7.

- Langkah Pertama : Klik kanan pada mouse pada icon jaringan yang ada di bagian kanan tasbar. Setelah tampil menu, Saudara dapat mengklik “Open Network and Sharing Center”.


- Langkah Kedua : Setelah tampil jendela Network and Sharing Center, maka saudara dapat mengklik menu Set up a new connection or network untuk membuat koneksi ad hoc pada jaringan wireless windows 7.

- Langkah Ketiga : Kemudian pada jendela Set Up a Connection or Network, saudara lakukan klik ganda mouse pada pilihan : “Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network.


- Langkah Keempat : Klik tombol Next pada jendela Set Up an Ad Hoc Network.


Catatan : Sesuai informasi yang tampil pada jendela Set Up a wireless ad hoc network diatas, bahwa jarak atar kedua komputer dalam menggunakan jaringan ad hoc dianjurkan kurang dari 30 meter.

- Langkah Kelima : Selanjutnya berinama pada area Network name dan ketikan password koneksi jika diperlukan pada Security key. Aktifkan opsi Save this network untuk menyimpan pengaturan ad hoc. Klik tombol Next untuk membuat koneksi.


- Langkah Keenam : Windows 7 akan menerapkan pengaturan koneksi ad hoc yang saudara buat. Perlu diperhatikan pada proses ini kemungkinan koneksi jaringan lain atau internet yang aktif akan terputus.

- Langkah Ketujuh : Jika proses pembuatan koneksi ad hoc berhasil, maka akan tampil jendela seperti gambar dibawah ini. Klik tombol Close untuk menutup wizard.


- Langkah Kedelapan : Selanjutnya adalah saudara tinggal menunngu komputer ke-2 untuk menghubungkan dengan koneksi ad hoc yang sudah dibuat. Ini terlihat bergabung dengan koneksi ad hoc yang sudah dibuat. Ini terlihat pada status Waiting for users pada icon koneksi wireless di taskbar.


- Langkah Kesepuluh : Untuk mengaktifkan jaringan ini saudara dapat mengklik tombol connect pada name jaringan ad hoc.


Selamat Mencoba. Wasalammm...!!!
0 Komentar untuk "Cara Koneksi Jaringan Ad Hoc Windows 7"

------------------------------------------------------------------------------------
ATURAN PEMBERIAN KOMENTAR DAN SARAN :
- SOPAN
- RELEVAN

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR SAUDARA
ATAS PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH!!!
-------------------------------------------------------------------------------------

Back To Top