Perangkat Jaringan Wireless

Untuk membangun sebuah jaringan tanpa kabel dibutuhkan beberapa perangkat baik keras ataupun lunak, yaitu :

A. Wireless Card atau Wireless Adapater
Merupakan perangkat keras yang dibutuhkan oleh komputer atau perangkat lain agar terhubung dengan jaringan wireless. Jenis-jenis adapter wireless bermacam-macam, ada yang dipasang pada slot mainboard komputer seperti kartu jaringan biasa atau sudah terpasang di dalam perangkat (onboard) seperti pada komputer portabel dan smartphone dan data juga yang bersifat portable dipasang pada slot USB sehingga bisa dilepas dan dipindah-pindahkan.



Kartu Jaringan Wireless

B. Wireless Access Point atau Wireless Router
Access point memiliki fungsi seperti hub pada jaringan kabel, yaitu menghubungkan host pada jaringan. Access point bisa juga berfungsi sebagai bridge atau repeater (penguat sinyal) pada jaringan wireless. Wireless router adalah kombinasi antara router dengan access point, memiliki perangkat lunak firewall, dan memiliki port ethernet untuk terhubung denganjaringan kabel. Wireless router berfungsi sebagai penghubung antara jaringan kabel dengan Access Point. Wireless Router juga bisa berfungsi sebagai Access Point.


Wireless Router

C. Driver dan Firmware
Selain perangkat keras, dibutuhkan juga perangkat lunak seperti driver dan firmware ketika ingin membangun jaringan wireless. Anda membutuhkan driver saat melakukan intalasi WLAN Card pada komputer agar dikenal dan semua fiturnya bekerja denagan optimal.

Keterangan Driver :
Perangkat lunak yang memungkinkan sebuah sistem operasi untuk berkomunikasi dengan perangkat keras. Sebuah perangkat keras tanpa driver tidakk bisa bekerja dengan semestinya atau bahkan tidak bisa dikenali oleh sistem operasi.

Perangkat seperti wireless router dan access point membutuhkan update firmware terbaru yang mungkin dapat meningkatkan kinerja, keamanan, atau bahkan meperbaiki masalah yang sering terjadi pada versi sebelumnya. Update firmware sangat disarankan untuk hanya menggunakan update resmi yang disediakan oleh vendor. Misalkan untuk perangkat linksys, update dari situs resminya di support.linksys.com

Keterangan Firmware :
Perangkat lunak yang “ditanamkan” (embed) pada sebuah perangkat keras Firmware terdiri dari kombinasi memori, kode program, dan data.

Saudara juga dapat menggunakan firmware open source di internet, seperti :
-DD-WRT,
-Open WRT,
-FreeWRT,
-HyperWRT Thibor,
-X-Wrt,
-Tomato,
-Tarifa,
-dan Lain – Lainya.
0 Komentar untuk "Perangkat Jaringan Wireless"

------------------------------------------------------------------------------------
ATURAN PEMBERIAN KOMENTAR DAN SARAN :
- SOPAN
- RELEVAN

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR SAUDARA
ATAS PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH!!!
-------------------------------------------------------------------------------------

Back To Top