Cara Menghitung Subnetting Pada Jaringan Komputer

Subnetting dapat diartikan membagi jaringan ke dalam beberapa bagian dengan cara “memecah” host ID subnet mask untuk dijadikan beberapa network ID baru bagi jaringan-jaringan yang lebih kecil.

Contoh dari subnet mask pada gambar dibawah ini, pada gambar dibawah ini subnet masknya masih bisa dibagi lagi menjadi beberapa rentang jaringan yang lebih kecil.

Untuk mengetahui dasar perhitungan subnetting pada jaringan komputer, saudara harus mengetahui terlebih dahulu  bagaimana dasar atau formula untuk menentukan subnet, host per-subnet, serta blok subnet. Berikut ini adalah tahapan dasar untuk menghitung subnetting pada jaringan komputer yang harus saudara ketahui :

- Mengetahui Jumlah Subnet :
Perhitungan untuk menentukan jumlah subnet dapat dilakukan dengan dua cara : angka 2 dipangkatkan dengan banyaknya angka 1 binary pada Octet Host ID dari subnet mask.


- Menentukan Jumlah Host Per Subnet :
Perhitungan untuk menentukan jumlah host per subnet dapat dilakukan dengan cara : angka 2 dipangkatkan dengan banyaknya angka 0 binary dari subnet mask, kemudian dikurangi 2.


- Menentukan Blok Subnet :
Perhitungan untuk menentukan rentang blok subnet adalah dengan mengurangi angka 256 dengan nilai desimal dari Octet terakhir. Misalkan diketahui subnet mask adalah 255.255.255.192, maka 256 - 192 = 64. Berikutnya hitung kelipatan 64, maka 64 + 64 =128 dan 128 + 64 = 192, jadi total subnetnya adalah 0, 64, 128, 192.


- Menentukan Alamat Subnet, Host, dan Broadcast yang Valid
Setelah berhasil menentukan blok subnet dan membuat subnet map atau tabel subnet, dari situ bisa ditentukan alamat subnet, rentang host, dan alamat broadcast yang valid.

Keempat poin diatas adalah dasar-dasar atau tahapan dalam perhitungan yang harus saudara ketahui jika ingin melakukan subnetting pada jaringan komputer. 

Demikianlah artikel kali ini yang dapat saya sampaikan, terimakasih banyak atas kunjungan saudara mari selalu berbagi ilmu bersama kami disini di www.Peiindostar.com.
0 Komentar untuk "Cara Menghitung Subnetting Pada Jaringan Komputer"

------------------------------------------------------------------------------------
ATURAN PEMBERIAN KOMENTAR DAN SARAN :
- SOPAN
- RELEVAN

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR SAUDARA
ATAS PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH!!!
-------------------------------------------------------------------------------------

Back To Top