Perangkat Yang Digunakan Pada Jaringan

Untuk membangun sebuah sistem jaringan dibutuhkan beberapa perangkat baik keras maupun lunak, yaitu :

- Unit Komputer
Minimal kita menggunakan 2 komputer, digunakan untuk membangun sebuah jaringan. Dengan jumlah minimal 2 komputer, setidaknya bisa membangun sebuah jaringan peer-to-peer atau Client-Server dengan 1 Client.


- Kartu Jaringan atau NIC (Network Interface Card)
Kartu janringan LAN Card atau NIC, adalah perangkat yang menyedikan media untuuk menghubungkan antar komputer. Kartu jaringan umumnya adalah kartu internal, atau kartu yang dipasangkan langsung pada slot ekspansi di dalam komputer. Kartu jaringan yang banyak digunakan saat ini adalah jenis Ethernet.

- Kabel Jaringan
Kabel jaringan yang berfungsi sebagai media penghubung antar node didalam jaringan. Meskipun saat ini teknologi jaringan nirkabel (wirelless) sedang trend, namun media kabel masih banyak digunakan karena dari sisi kualitas dan kecepatan transfer data lebih baik dari wireless.



- Hub
Hub adalah perangkat yang menyatukan kabel-kabel koneksi dari setiap workstation, server, serta perangkat lainnya.

- Switch
Memiliki fungsi yang mirip dengan hub, tapi switch mampu memeriksa paket data yang diterima, menentukan sumber dan perangkat tujuan masing-masing paket informasi, dan melanjutkan informasi serta data secara tepat. Dengan kata lain, switch adalah hub yang lebih pintar atau switch adalah pengembangan dari Hub.

- Bridge
Jika diartikan adalah “jembatan” berfungsi sebagai penghubung antar dua jaringan. Bridge dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap segmen komputer pada kedua jaringan yang dihubungkan. Bridge mengatur agar informasi diantar kedua sisi network tetap jalan dengan baik dan teratur. Bridge juga dapat dijadikan penghubung antara network dengan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda.

- Router
Router mempunyai kemampuan yang sama dengan Bridge, namun lebih pintar. Router menerjemahkan informasi dari satu jaringan ke jaringa yang lain dan akan mencari jalur yang terbaik untuk menyampaikan informasi tersebut. Singkat kata kelebihan router adalah mengatur lalu lintas data secara efisien, mengorganisir arus informasi antar dua protokol atau dua topologi.


- Repeater
Repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal dari sebuah jaringan dengan koneksi kabel ataupun gelombang (wireless). Setiap media penghubung seperti kabel atau gelombang mempunyai batasan jarak agar kualitas sinyal tetap terjaga. Oleh karena itu untuk mencegah menurunya kualitas sinyal, maka dibutuhkan repeater diantara koneksi. Sebagai contoh : sinyal dari A akan melalui repeater untuk dikuatkan, baru kemudian diteruskan ke tempat B.


- Konektor
Konektor digunakan sebagai penghubung antar kabel jaringan dengan port yang ada diperangkat keras jaringan. Konektor disesuaikan dengan jenis kabel yang digunakan. Kabel UTP/STP menggunakan konektor RJ45, Coaxial menggunakan konektor BNC/T dan serat optik menggunakan banyak tipe konektor seperti SC, ST, FC, dan sebagainya. Konektor ST paling umum digunakan, karena mudah untuk dipasang dan dicabut.


- Tang Crimping
Tang Crimping berfungsi untuk memasang konektor pada ujung kabel seperti UTP/STP atau coaxial. Pada tang terdapat bagian khusus yang berfungsi untuk “menjepitkan” konektor kabel.


- Perangkat Berbagi Pakai (Shared Devices)
Selain perangkat utama diatas, ada beberapa perangkat lain yang umum terhubung dengan jaringan. Seperti modem yang harus tersedia jika jaringan akan dihubungkan ke internet. Perangkat seperi printer juga biasanya selalu dihubungkan dengan jaringan karena salah satu alasan menggunakan jaringan adalah untuk berbagi pakai perangkat seperti printer atau begagi koneksi internet.

- Sistem Operasi dan Protokol
Sistem operasi diperlukan untuk menggunkan komputer pada jaringan. Sistem operasi yang umum digunakan pada jaringan adalah microsoft windows, microsoft windows server, linux, novell netware, dan linux. Sedangkan protokol yang biasa digunakan dalam jaringan adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol Internet Protocol).
0 Komentar untuk "Perangkat Yang Digunakan Pada Jaringan"

------------------------------------------------------------------------------------
ATURAN PEMBERIAN KOMENTAR DAN SARAN :
- SOPAN
- RELEVAN

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR SAUDARA
ATAS PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH!!!
-------------------------------------------------------------------------------------

Back To Top