CARA MUDAH MEMBUAT TOMBOL SIMPAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0

Terimakasih banyak atas kunjungan saudara kali ini saya akan membuat tutorial mengenai cara muda membuat Tombol Simpan menggunakan bahasa pemograman visual basic 6.0.

Sebelum kita lanjut pada materi yang pertama anda persiapkan terlebih dahulu adalah sebuah database untuk media penyimpanan data. Adapun cara pembuatan database dapat saudara lihat pada artikel MEMBUAT DATABASE DENGANMICROSOFT ACCESS 2007 LEBIH MUDAH.

Tanpa basabasi lagi kita langsung saja mulai bagaimana cara pembuatan ke 5 (lima) tombol ini dengan menggunakan bahasa pemograman visual basic 6.0 dengan lebih mudah.

- Pertama : Buatlah Project Baru yang diberi nama Latihan dan kemuadian buatlah Form baru sebagai Input Data Barang  kemudaian desainlah Form Input Data tersebut seperti gambar dibawah ini.


- Kedua : Pada Button Simpan masukan Coding Program yang telah disiapkan dibawah ini, silahkan di Copy Pastekan kedalan Project saudara. Selanjutnya pada kotak yang telah ditandai warna merah pada gambar menunjukan nama Tabel yang ada pada Database kita (sesuaikan tabel mana yang akan kita gunakan) dan kotak warna biru itu menunjukan Field yang ada ditabel berdasarkan Primary Key pada Tabel.

Coding Tombol Simpan Data :

Set Rs = New ADODB.Recordset
Rs.Open "select * from Barang where Kd_Barang = '" & Text1.Text & "'", con, adOpenDynamic, adLockOptimistic
Rs.AddNew
Rs.Fields("Kd_Barang") = Text1.Text
Rs.Fields("Nama_Barang") = Text2.Text
Rs.Fields("Satuan") = Text3.Text
Rs.Fields("Harga_Beli") = Text4.Text
Rs.Fields("Harga_Jual") = Text5.Text
Rs.Update
MsgBox "Data Berhasil DiSimpan !!!", vbInformation, "Informasi"
Tampil_Data

Nama Tabel 

Nama Field Berdasarkan Kunci Utama (Primary Key)

- Ketiga : Pada Coding yang telah ditandai dengan warna hijau menunjukan posisi Field yang ada ditabel pastikan nama Field yang ditabel sama dengan dicoding program kita, dan untuk tanda yang diberi warna kuning itu menendakan posisi Input program yang kita gunakan pada desain yang ada di Form.

Posisi Field Pada Tabel


Posisi Input Data Pada Form Program


- Keempat : Untuk membersihkan layar pada input data maka kita dapat menambahkan satu tobol Batal. Selanjutnya pada tombol batal  saudara dapat mengklik 2 kali kemudian Copy Pastekan Coding Program dibawah ini kedalam Project saudara.

Coding Tombol Batal (Bersihkan Layar) :

Text1.Text = ""
Text2.Text = ""
Text3.Text = ""
Text4.Text = ""
Text5.Text = ""
Text1.SetFocus

Catatan : Pastikan di Form Load saudara sudah memanggil “Koneksi” ke Database yang telah kita buat menggunakan Module pada Project kita.

Demikianlah tutorial yang sederhana ini semoga dapat membantu para pembaca terimakasih banyak atas kunjungannya salam kompak selalu. Wasalaaammm!!!



0 Komentar untuk "CARA MUDAH MEMBUAT TOMBOL SIMPAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0"

------------------------------------------------------------------------------------
ATURAN PEMBERIAN KOMENTAR DAN SARAN :
- SOPAN
- RELEVAN

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR SAUDARA
ATAS PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH!!!
-------------------------------------------------------------------------------------

Back To Top