Cara Mencari Jumlah dan Rata-Rata Dengan Microsoft Excel 2007

Menjumlahkan data merupakan salah satu proses yang sering kita gunakan. Kita dapat menjumlahkan data-data pada lembaran kerja dengan cara menghitung biasa, yaitu menambahkan satu persatu sel yang memuat data yang ingin kita jumlahkan. Namun, cari ini membutuhkan waktu yang lama, terutama apabila data yang akan kita jumlahkan cukup banyak.

Untuk mempermudah penjumlahan data-data, Microsoft Excel mempunyai Fungsi yang disebut dengan Fungsi SUM sebagai salah satu contoh saudara dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.


Cara Pertama : Pada C14 untuk mencari total kita dapat melakukan penjumlahan dengan cara memasukan Fungsi SUM pada sel C14 dengan mengetikan “=SUM(C4:C13)” kemudian blok dari C4 sampai dengan C13 lalu enter.


Cara Kedua : Pada sel C14 kita klik 1 kali kemudian pilih “AutoSUM” pada bar diatas lalu pilih Fungsi SUM dan enter, kemudian kita dapat memilih Fungsi SUM maka secara otomatis jumlah nilai akan terisi pada sel C14.

Selain menjumlahkan data yang terdapat pada sel-sel yang berdekatan (dalam satu baris atau satu kolom) fungsi SUM juga dapat kita gunakan untuk menghitung data-data yang terdapat di sel-sel yang tidak berdekatan. 

Sedangkan untuk mencari nilai rata-rata langkahnya hampir sama dengan mencari jumlah nilai. Fungsi yang kita gunakan untuk mencari rata-rata adalah “AVERAGE”. Nilai Rata-Rata merupakan salah satu nilai statistik yang paling sering digunakan dibandingkan dengan nilai-nilai yang lain.

Adapun contoh mencari nilai rata-rata ini dapat saudara ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Pertama : Sebelumnya kita telah menggunakan sel C14 untuk mencari jumlah nilai, untuk mencari rata-rata kita dapat menggunakan C15 kemudian ketikan “=AVERAGE(C4:C13)” pada sel C15 lalu enter.


Cara Kedua : Langkah kedua atau cara kedua ini hampir sama dengan cara kedua untuk mencari jumlah nilai Fungsi yang kita pilih nantinya adalah “AVERAGE” kemudian enter. 


Perlu diperhatikan bahwa Fungsi AVERAGE akan menghitung angka nol data yang terdapat pada sel, tetapi tidak akan menghitung sel yang kosong.

Selamat Mencoba. Wasalammm...!!!
0 Komentar untuk "Cara Mencari Jumlah dan Rata-Rata Dengan Microsoft Excel 2007"

------------------------------------------------------------------------------------
ATURAN PEMBERIAN KOMENTAR DAN SARAN :
- SOPAN
- RELEVAN

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR SAUDARA
ATAS PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH!!!
-------------------------------------------------------------------------------------

Back To Top