Cara Menampilkan Menu Developer Yang Tersembunyi Pada Microsoft Excel 2007

Menu Developer biasanya digunakan untuk memilih componen agar dapat mendesign Form input pada Microsoft Excel, pada menu ini terdapat componen-componen yang dapat kita gunakan untuk membuat aplikasi.

Terkadang pada saat kita mengistal Microsoft Office (Excel) menu Developer ini tidak tampil, sehingga kita tidak tau fungsi dari menu ini. Sebenarnya pada menu Developer ini kita dapat membuat aplikasi dengan menggunakan Microsoft Excel. Nah... pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara menampilkan Menu Developer yang tersembunyi pada Microsoft Excel 2007.

Adapun langkah – langkah untuk menampilkan menu Developerpada Microsoft Excel 2007 sebagai berikut :

- Satu : Pilih “Customize Quick Access Toolbar” atau Icon “Office Button” yang sering kita kenal dengan sebutan Icon Windows.

Tampilan Customize Quick Access Toolbar dan Office Button

- Dua : Apabila saudara memilih “Customize Quick Access Toolbar” => “More Commands” =>”Popular”. Pada halaman ini saudara dapat mengaktifkan Menu developer dengan cara cek list pada "Show Developer tab in tha Ribbon"=>”OK”.

Tampilan Halaman Popular

- Tiga : Dan apabila saudara memilih Icon “Office Button” => “Excel Options” => =>”Popular”. Aktifkan Menu developer dengan cara cek list pada "Show Developer tab in tha Ribbon"=>”OK”.

- Empat : Agar tidak terjadi Erorr pada saat penggunaan Menu Developer ini, maka saudara dapat melakukan setting pada “Macro Security” dengan cara : Klik “Macro Security”. Pada halaman Macro Security” pilih “Enable all macros (not recommended; potentially dangerouss code can run)” => dan cek list “Trust access to the VBA project object model” => “OK”. Menu Developer siap digunakan.



Untuk mengecek apakah componen untuk mendisain aplikasi sudah ada, saduara dapat memilih “Menu Developer” => “Insert”. Pada menu insert ini terdapat componen-componen yang dapat kita gunakan untuk mendisen aplikasi.

Tampilan Componen

Demikianlah tutorial yang singkat ini tentang “Cara Menampilkan Menu Developer Yang Tersembunyi Pada Microsoft Excel 2007” semoga dapat membantu saudara, selamat mencoba. Terimakasih banyak  atas kunujungan saudara. Wasalam...!!!
0 Komentar untuk "Cara Menampilkan Menu Developer Yang Tersembunyi Pada Microsoft Excel 2007"

------------------------------------------------------------------------------------
ATURAN PEMBERIAN KOMENTAR DAN SARAN :
- SOPAN
- RELEVAN

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR SAUDARA
ATAS PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH!!!
-------------------------------------------------------------------------------------

Back To Top