Contoh Aliran Sistem Informasi (ASI) Penjualan

Aliran Sistem Informasi (ASI) merupakan suatu alat bantu yang digunakan dalam merancang suatu sistem. Pada aliran sistem informasi (ASI) yang diusulkan atau sistem baru tidak begitu banyak perubahan dari aliran sistem informasi (ASI) lama, perubahan dapat dilihat pada contoh berikut ini :

Contoh Aliran Sistem Informasi Penjualan Lama :


Contoh Aliran Sistem Informasi Penjulan Baru :


Keterangan :
  1. Pelanggan mendatangi Toko untuk mencari barang yang diinginkan dan menanyakan kepada karyawan.
  2. Karyawan mencari barang yang diinginkan oleh pelanggan, apabila barang kosong maka bagian karyawan langsung membuat data barang yang kosong kemudian diserahkan kepada kasir. Dan apabila barang ada karyawan mengambil barang tersebut kemudian diserahkan kepada kasir. 
  3. Apabila barang ada bagian kasir kemudian membuatkan nota belanja/faktur yang kemudian diserahkan kepada pelanggan.
  4. Apabila barang kosong maka bagian kasir langsung membuat data barang yang kosong yang kemudian diserahkan kepada pimpinan.
  5. Kemudian bagian kasir membuat laporan penjualan harian, bulanan, dan tahunan dan diserahkan kepada pimpinan.
  6. Pimpinan akan menyimpan laporan yang diterima dari bagian kasir.
- Perbedaan 
Perbedaan antara Aliran Sistem Informasi Baru dan Lama yaitu pada proses yang digunakan, Aliran Sistem Informasi Lama masih menggunakan proses manual sedangkan Aliran Sistem Informasi Baru menggunakan proses Komputerisasi.

- Perancangan Sistem
Perancangan sistem merupakan tahapan setelah analisis dari kebutuhan-kebutuhan fungsional dan periapan untuk merancang bagian implementasi yang mengambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk, dapat berupa gambaran, perancangan, dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah kedalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi, juga menyangkut konfigurasi dari komponen-komponen perangkat keras dan perangkat lunak dari suatu sistem.

- Desain Global
Desain global merupakan perancangan sistem secara keseluruhan yang bertujuan untuk meberikan gambaran secara umum kepada pemakai tentang sistem yang baru. Perlunya perancangan sistem yang ada adalah untuk memecahkan masalah yang bersifat umum yang dapat dilakukan dengan berbagai apalikasi. Dalam merancang suatu program yang sangat diutamakan adalah output, bagaimana output tersebut bisa dimengerti oleh pemakai, setelah itu dapat pula ditemukan input, file dan proses dari program yang akan dirancang nantinya.

Model dari sistem yang diusulkan akan disajikan dalam bentuk prototype, yang menerangkan tentang bagian-bagian yang terlibat dalam sebuah sistem, proses yang terjadi pada masing-masing bagian serta aliran dari sistem informasi tersebut. Pada desain global dapat digambarkan dalam beberapa bentuk, seperti :

a) Contex Diagram
b) Data Flow Diagram (DFD)
c) Entity Relationship Diagram (ERD)

Wasalam...!!!
2 Komentar untuk "Contoh Aliran Sistem Informasi (ASI) Penjualan "

------------------------------------------------------------------------------------
ATURAN PEMBERIAN KOMENTAR DAN SARAN :
- SOPAN
- RELEVAN

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR SAUDARA
ATAS PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH!!!
-------------------------------------------------------------------------------------

Back To Top